Your browser does not support JavaScript!

Kabar Jurnalis

Merdeka Dan Merakyat
no-img
Posted at Januari 11, 2020 | 601 | 0

Makam Si Bay Di Yakini Dari Suku Bugis Mandar, Ini Bisa Jadi Obyek Wisata Religi

Pulau Kelapa, kabarjurnalis.com- Makam Bai atau si Bai serta makam-makam tua di Pulau Kelapa sering di ziarahi para pendatang atau pelancong dari daratan, entah darimana dan ada hubungan apa dan mereka tahu dari mana adanya situs-situs makam di Pulau Kelapa.

 

“Tetapi yang pasti saya melihatnya ini bisa dijadikan sebagai obyek Wisata Religi,” kata Ketua  Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kelapa Tunggal Kelurahan Pulau Kelapa Safaatul Anam kepada Kabar Jurnalis di Pulau Kelapa, Sabtu (11/1/2020).

 

Karena selain wisata air laut seperti Snorkeling dan Diving di Pulau Kelapa disini masih ada wisata religi.

 

Menurut Ketua Pokdarwis, dari ceritra tetua adat, konon situs Makam Bay tersebut adalah pendahulu yang menetap di Pulau Kelapa yang berasal dari Suku Bugis Mandar.

 

Keunikan makam terlihat sangat mencolok perbedaannya yaitu, berupa ukiran dan bentuk susun bangunan makam lain dari makam yang pada umumnya.

 

Salah satu nama makam tersebut orang menyebutnya “Makam Bai atau Si Bai”.

 

Makam itu nisannya ditutupi kain putih sebagai simbol makam keramat, tetapi sekarang kain itu di ganti dengan warna kain merah putih.

 

Warga merasa ini perlu dijaga sebagai situs sejarah untuk objek wisata religi sehingga sejarah tentang Pulau Kelapa terlestarikan.

 

Sebagai target wisata religi, umumnya pelancong datang dari Tangerang, Banten dan Bogor karna wilayah ini cukup dekat dengan Kepulauan Seribu dibandingkan DKI Jakarta.

 

Bila ditelusuri kemungkinan juga pelancong ini memiliki keterikatan atau kekerabatan keluarga jauh dengan orang yang di makamkan tersebut atau dengan warga Pulau Kelapa.

 

“Hal terpenting dari wisata religi ini adalah penguatan silaturahmi yang telah lama hilang atau disebutnya mati obor kata orang pulau,” jelas Safaatul menerangkan.
SHARE ARTIKEL
KOMENTAR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Copyright 2020 - kabarjurnalis.Com | All right reserved.
Template by Gaswad