Your browser does not support JavaScript!

Kabar Jurnalis

Merdeka Dan Merakyat
no-img
Posted at Februari 09, 2020 | 420 | 0

Festival Silat Betawi Di Adakan,  Kata Ahyad Al Batawi, Dulu Kita Jarang Tampil Sekarang Kita Harus Tampil

Jakarta, kabarjurnalis.com- Festival Silat Betawi untuk mengangkat warisan budaya Betawi digelar di halaman Kantor Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara.

 

Festival Silat sekaligus Milad Yudha Putra Buana.

 

“Olahraga Pencak silat ini tahun kemarin 2019 telah di akui oleh UNESCO PBB di Korea,” kata Ketua Korwil Asosiasi Tradisi Silat Betawi (Astabri) Jakarta Utara, Ahyad Al Batawi, Minggu (9/2/2020).

 

Pengakuan UNESCO PBB bahwa Pencak Silat ini sebagai harta benda dan warisan asli budaya milik Indonesia.

 

Saat itu yang berangkat ke Korea mewakili undangan UNESCO PBB mereka para senior pesilat, kata Ahyad dan Pencak silat ini banyak yang memperebutkan.

 

Papar Ahyad, dengan target melestarikan budaya nenek moyang, kegiatan festival silat sering kali diadakan, bahkan kegiatan silat bekerjasama dengan pihak pemerintah.

 

Begitu juga dengan Silat Betawi yang banyak perguruan silatnya di Jakarta dan sekitarnya.

 

“Dulu pesilat Betawi jarang tampil, tetapi sekarang kita harus tampil,” terang Ahyad Al Batawi Tokoh Pesilat Jakarta Utara.

 

Kita tidak hanya merangkul orang-orang Betawi saja dalam melestarikan Silat Betawi, lanjut Ahyad tetapi kita juga merangkul mereka dari mana saja, suku apa saja.

 

Untuk melestarikan Silat Betawi ini diakui Ahyad, dia memberi pembinaan pesilat dari usia dini dengan harapan dari silat tradisi menjadi prestasi, yaitu menuju kejuaraan seni pertandingan tingkat Internasional.

 

Menurut Ahyad, Silat Betawi atau silat kampung ini kendalanya masalah sarana untuk anak-anak didik atau pesilat muda yang sangat minim atau kurang mendukung.

 

“Sehingga kalau kita tidak bermodal sendiri, kita tidak bisa berbuat dalam suatu kegiatan,” terang Ahyad.

 

Seperti Matras alat tempat bertanding, kata dia itu modal sendiri, karena kalau tidak begitu jujur kita tidak bisa bertanding.

 

SHARE ARTIKEL
KOMENTAR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Copyright 2020 - kabarjurnalis.Com | All right reserved.
Template by Gaswad