Your browser does not support JavaScript!

Kabar Jurnalis

Merdeka Dan Merakyat
no-img
Posted at Juli 12, 2019 | 1565 | 0

Desa Gesik Kecamatan Tengah Tani Kab. Cirebon Laksanakan Pembangunan Gedung Serba Guna Lanjutan Secara Akuntabel Dan Transparan

Kab. Cirebon – Bagi yang kerap melewati jalur pantura, pasti tak asing lagi dengan kerupuk berwarna merah, kuning, dan putih yang akrab dengan sebutan kerupuk ‘melarat’ ini. Dengan mudah, anda bisa menemukannya di hampir semua toko oleh-oleh sepanjang pantura. Dibuat dari tepung tapioka, penganan ringan ini kerap menjadi teman perjalanan karena rasanya yang gurih dan bikin ketagihan. Siapa sangka, kerupuk ini diproduksi di sebuah desa kecil bernama Gesik, Cirebon.

Dengan jumlah penduduk 5888 jiwa, dengan luas wilayah kurang lebih 119 hektar merupakan daerah yang sangat potensial dan tidak salah jika desa gesik dijuluki sebagai kampung produktif. Dengan adanya fasilitas yang diberikan oleh pemerintah kabupaten atau pusat, mudah-dapat kita digunakan dengan baik. Sehingga masyarakat Desa Gesik memiliki pemikiran yang baru dan kreatif.

Program Kampung Produktif merupakan program yang dirancang untuk mendorong kemajuan dan kesejahteraan masyarakat desa yang dilengkapi dengan peluang kerja yang luas-luasnya di pedesaan. Program Kampung Produktif dapat diterapkan dengan mempertimbangkan kemauan dan kemampuan dari masyarakatnya untuk mendukung kreativitas dan inovatif dari seluruh potensi di wilayahnya.

Dengan potensi wilayah yang dimiliki maka seyogyanya apabila Desa Gesik sudah saatnya memiliki Gedung Serba Guna untuk kegiatan sosial kemasyarakatan serta sebagai tempat balai pertemuan warga masyarakat desa gesik yang potensial.

Dibawah kepemimpinan Kuwu Agus Suara yang akuntabel dan transparan pada warga masyarakat Desa Gesik Kecamatan Tengah Tani bulan Juli ini Dana Desa dapat di manfaatkan untuk lanjutan pembuatan Gedung Serba Guna dari anggaran desa tahun 2018.

Begitupun dengan para perangkat Desa Gesik yang sopan santun dan ramah yang menerima media ini di ruang balai Desa Gesik.

Dalam kesempatan yang sama Robidin mewakili Ekbang Andhi Ahyadi, selaku pengawas pelaksana proyek Pembangunan Lanjutan Gedung Serba Guna Desa Gesik menjelaskan …

“bahwasannya pembangunan gedung serba guna dalam suasana yang kondusif karena dilaksanakan secara Swakelola. Harapannya agar ada rasa memiliki apabila yang bekerja dan yang melaksanakan sepenuhnya warga desa gesik,” ujar mandor Robidin

“ Dana yang ada dilaksanakan sesuai dengan Musrenbang Desa tahun 2018 Sehingga pembangunan infrastruktur yang belum terealisasi dapat dilaksanakan dan warga masyarakat desa gesik merasakan manfaatnya untuk meningkatkan perekonomian warga desa,” lanjutnya

Kiranya Desa-desa yang ada di kabupaten cirebon dapat mengikuti jejak desa gesik kecamatan tengah tani dalam menjalankan program Musrenbang Desa secara akuntabel dan tranaparan, sehingga diharapkan masyarakat merasakan efek dan dampak dari pembangunan tersebut.(Rio)

SHARE ARTIKEL
KOMENTAR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Copyright 2021 - kabarjurnalis.Com | All right reserved.
Template by Gaswad