Your browser does not support JavaScript!

Kabar Jurnalis

Merdeka Dan Merakyat
no-img
Posted at Juli 08, 2018 | 250 | 0

KLH Tinjau Perajin Batu Alam Cirebon

Cirebon, kabarjurnalis.com- Kementerian Lingkungan Hidup (KLH), BLHD Kabupaten Cirebon dan Komisi IV DPR RI melakukan sidak ke lokasi perajin batu alam di Desa Warujaya, Kecamatan Depok, Kabupaten Cirebon, Senin (15/5).

“Air sungai yang warnanya seperti air susu ini, diakibatkan karena banyaknya partikel atau bubuk batu yang terbawa bersama limbah. Ini pencemaran sudah luar biasa,” kata Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup, Karliansyah, saat meninjau aliran Sungai Jamblang, Desa Warujaya, Kecamatan Depok, Kabupaten Cirebon,

Seharusnya kisaran normal air baku ambang batas untuk partikel terlarut maksimal 500 mg/liter, sementara untuk Sungai Jamblang inikan melampaui batas.

Dia juga menyatakan, Para perajin banyak yang membuang limbah batu alam ke sungai, sehingga mengakibatkan sungai yang semula berwarna bening kini menjadi keruh, karena butiran halus dari batu yang menumpuk.

Dalam sidaknya kali ini pemerintah tidak hanya menegur perajin akan tetapi juga memberikan sosialisasi dengan menjadikan wilayah tersebut pilot project pembuatan Kolam Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) yang nanti tidak lagi mencemari lingkungan dan juga tidak mengganggu perajin.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Herman Khaeron mengatakan, dirinya akan mensosialisasikan solusi IPAL. “Program ini sangat positif. Saya pastikan program ini tidak akan mengganggu usaha masyarakat, dan malah dianggapnya menguntungkan,” katanya. (MUH/HMS)

SHARE ARTIKEL
KOMENTAR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Copyright 2020 - kabarjurnalis.Com | All right reserved.
Template by Gaswad